Senin, 02 Februari 2009

FRANSISKUS XAVERIUS

Di lembah simenanjung Iberia berdiri megah dan kokoh Kastil Xavier. Kastil itu berada di Navarre, sekitar 40 km dari Pamplona, Spanyol Utara. Kastil Xavier berlokasi sangat strategis. Pada abad XIV, kakek Fransiskus Xaverius mengambil alih kepemilikan kastil itu. Di kastil ini, ibu Xaverius, Maria de Azpilcueta lahir dan dibesarkan. Dari keluarga dan di Kastil Xavier, Fransiskus Xaverius dilahirkan dan dibesarkan.

Nama Xavier diambil dari bahasa Basque yaitu Etxaberri, secara etimologis etxe (berarti rumah) dan berri (artinya baru). Xavier berarti "rumah baru". Nama Xavier dilafalkan Xa (=sha) vier, seperti dalam laval bahasa Basque. Perkembangannya, nama Xavier ditulis dan dilafalkan secara berbeda-beda di masing-masing bahasa negara. Dalam bahasa Spanyol, ditulis Xabier, Xavier, Jabier, dan Javier. Dalam bahasa Portugis, Perancis dan Inggris, ditulis Xavier. Dalam bahasa Jerman ditulis Xaver. Dalam bahasa Italia ditulis Saverio, dan dalam bahasa latin ditulis Xaverius.

Maria de Azpilcueta menikah dengan Dr. Juan de Jassu, yang menjabat sebagai ketua Dewan Kerajaan Navarre dan menteri keuangan. Kastil Xavier menjadi salah satu mahar (mas kawin) bagi pernikahan Juan de Jassu dan Maria de Azpilcueta.

Bersambung.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Profil

Foto saya
Kuala Tungkal, Jambi, Indonesia
jangan banyak komentar dlu ya............ msih coba22222222

LIAT AJA

WELCOOOOOMMMMMMMMEEEEEEEEEEEEEE

teman-teman

Powered By Blogger